27 Apr 2014

A TRIBUTE TO TITO VILLANOVA

"He was football in its purest form - a man who had no enemies, really. He'd been in Barcelona a long time, so much so that in the juveniles he was coach of Gerard Pique, Cesc Fabregas, Lionel Messi. He was the first man to put Lionel Messi in the formation and the place on the pitch that he likes to play.”-Guillem Balague
27 April 2012. Saya masih ingat betul perasaan saya ketika Tito Villanova ditunjuk menjadi entrenador Barca menggantikan Pep Guardiola. Ada ragu yang menghantui sebab mungkin Barca baru saja beralih dari pelatih terbaiknya sepanjang masa. Bagaimana Barca harus berhadapan denga real Madrid yang saat itu dipegang oleh Jose Mourinho? Bagaimana saya tak khawatir. Tito pernah dicolok matanya oleh Mou. Saya takut Tito akan gentar tiap berpapasan dengan Mou yang menangani musuh terberat Barca. Tetapi sedikit kelegaan terselip lantaran Tito adalah asisten pelatih Pep yang tentu saja berarti gaya Barca tidak akan banyak berubah. Gaya yang hanya bisa dimiliki Barca: tiki-taka. Toh saya senang Tito yang dibesarkan Barca sejak kecil, bukan orang lain, yang akhirnya melatih Barca.

25 Apr 2014

KETIKA KU BUKA JENDELA KACA (2)


Kamarku kini riuh tanpa
Jendelanya terbuka
Hiruk pikuk lalu lintas yang berperang
Gaduh menabrak kacaku
Aku tak bisa tertidur bersama gemuruh itu

20 Apr 2014

QUOTES OF THE DAY: WORK HARD

"I believe that pain is proof of hard work"

"The more tired I am, the more joyful I am."

"I will still continue moving forward no matter how hard, dangerous and rough the road I chose is. The world that I dreamed of is waiting for me at the end of that."

15 Apr 2014

ORANG BILANG DENGAN MENULIS PUISI AKU

Orang bilang dengan menulis puisi aku
Berujar lebih banyak dari deretan huruf
Tapi terbengkalai paduan kata
Terkaburkan hasrat yang hendak ku utarakan
Maka aku pun berhenti menulis sajak

13 Apr 2014

QUOTES OF THE DAY: BE UNIQUE

“Be unique. Be unconventional. Be yourself. L.o.v.e yourself. Be unpredictable."
"Dont be a wanna be, just be you"

“You and I, we can be on the headline news. We can be something new in this world.”

11 Apr 2014

SONG GAME VS DWIKY

Barusan ikut game lucu. Cara mainnya gini: music player di hp in suffle mode, next setiap ganti pertanyaan.  Setelah itu, kasih deskripsi atas jawaban lagunya. Saya bermain bersama Dwiky, the leader of all akurapopo men. Meja kami sebelahan dan level randomnya setara. Oh ya, berhubung lagunya acak, maka deskripsi saya banyak yang ngawur (asal dipas-pasin aja). Deskripsi Dwiky juga nggak kalah random. Hihihi

9 Apr 2014

SETAPAK

Ketika aku di ambang putus asa, kau melintasi jalan setapakku begitu saja. Daun kering enggan berjingkat memeluk tanah. Rumput hijau mengawal langkah perlahan telapak kakimu. Kebas batin membenteng kaki yang hendak berlompatan ke arahmu. Sementara kaki-kaki langit menggulung diri, menyisakan ruang hanya di jalan setapak ini. Langkahmu meniadakan spasi. Kita berpapasan di hari ke-547 sejak doaku terucap.

8 Apr 2014

AKDONG MUSICIAN'S PLAY ALBUM

Kyaaaaa, Akdong Musician is finally debuted. Gained popularity even before their official debut, the adorable siblings consist of Lee Chanhyuk and Lee Soohyun. Their first album went overboard for a rookie, LOL. By their quality, is Akmu a newbie? Its just too cool but still cute. Can't believe Chanhyuk is just 17 years old doing these writing, composing, and producing (he said he has 80 self composed songs when this album released). YG must be proud to have another genius composer on the list. And Soohyun, 14 years old cutie, her voice is effortlessly excellent. Her crystal clear voice is priceless.

7 Apr 2014

KEJUTAN

“Would you like to know your future? If your answer is yes, think again. Not knowing is the greatest life motivator. So enjoy, endure, survive each moment as it comes to you in its proper sequence--a surprise.” (Vera Nazarian, The Perpetual Calender of Inspiration)
Surprise is cute in its very own way. I think its totally true.

Hari ini tiba-tiba teman saya dapet kiriman kopi hangat bertuliskan “God job, here’s warm coffee”. Teman saya yang dapat kopi tapi saya yang meleleh. Saya selalu suka kejutan. Dan melihat orang lain dapat kejutan, malah saya yang tersipu-sipu. Hihihihi.

6 Apr 2014

SURAT UNTUK ADIK (SUA)

“Saya juga ingin bisa sukses seperti Kak Handry agar saya bisa menikmati kolam renang, bukan sungai lagi. Doakan saya ya, Kak” (Fajry Humaidy kepada Handry Santriago, CEO General Electric Indonesia)
Hari ini saya bertemu dengan Adlan dan Arsa untuk membahas web Yafindo. Obrolan kami pun menjalar ke mana-mana. Adlan yang merupakan pengurus lama kemudian menceritakan proyek SUA kepada kami. Nah, menjelang tidur, saya baca e-book SUA dan malah terjebak dalam air mata. Saya pun mengambil kotak tisu dan melanjutkan baca sampai selesai. Maunya abis baca langsung tidur tapi niat menulis tentang SUA menggedor-gedor kelopak mata saya. Setelah sedikit reda dari rasa haru yang menyelimuti, akhirnya saya menulis tulisan ini.

5 Apr 2014

SAUNG ANGKLUNG UDJO

Indonesia itu kaya akan seni dan budaya. Saung Angklung Udjo adalah salah satu buktinya.
Jika teman-teman sedang main ke Bandung, Saung Angklung Udjo adalah salah satu tujuan yang sayang dilewatkan. Entah saya yang ketinggalan info atau gimana, masa saya baru aja tahu keberadaan tempat keren ini. Ceritanya beberapa waktu yang lalu saya terbawa rombongan mengunjungi saung itu. Namanya juga keangkut, mana tahu pertunjukan angklung macam apa yang mau dilihat di sana. Nggak tahunya Saung Angklung Udjo itu keren pisan euy. Sok atuh ameng ka ditu *buka kamus Sunda biar bisa pake Bahasa Sunda.

3 Apr 2014

CATATAN DIKLAT PENGAWASAN: DASAR-DASAR PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA (1)

I used to love politics so much.
I promise to write the complete material tomorrow so for today lemme trapped in the memories *tsaaah. Bahan ajar hari ini tentang dasar-dasar pengelolaan keuangan negara. Yap, keuangan negara sendiri berarti semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, segala sesuatu baik berupa uang maupun barang yang dapat dijadikan milik negara. Dan kalau kita ngomongin keuangan negara, kita nggak bakal bisa jauh-jauhan sama trio UU 17/2003 (keuangan negara), UU 1/2004 (perbendaharaan negara), dan UU 15/2004 (pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara).

Sekarang, asas pengelolaan keuangan negara udah ada yang baru lho. Asas itu antara lain akuntanbilitas berorientasi hasil, profesionalitas, proporsionalitas, keterbukaan dalam pengelolaan keuangan negara, dan pemeriksaan yang bebas dan mandiri. Ruang lingkup keuangan negara sih masih sama yaitu hak negara (misal memungut pajak), kewajiban negara (misal menyelenggarakan tugas layanan umum pemerintahan negara), penerimaan dan pengeluaran negara, penerimaan dan pengeluaran daerah, keyaan negara/daerah, dan kekayaan pihak lainnya.

Nah, balik lagi ke masalah trapped in the memories. Di kelas tadi, banyak diskusi yang berkedok keuangan negara padahal intinya sih soal ekonomi politik. Entah sejak kapan saya memutuskan untuk nggak “marah-marah” sendiri soal keadaan negara. I used to write about politics until I realized that I did nothing. Its not nothing at all actually, but I think its better for me start doing something. Saya memilih melakukan hal-hal kecil sebisa saya daripada terus-terusan komplain. LOL. Tapi jauh di dasar hati saya, saya masih iim yang dulu. Saya kesal hampir di setiap mendengar berita politik dan pada akhirnya saya memilih terlihat berubah. Hehe

2 Apr 2014

CATATAN DIKLAT PENGAWASAN: STANDAR AUDIT DAN LANDASAN TEORI AUDIT

Reports are the internal auditor's opportunity to get management's complete attention (Sawyer's Internal Auditing, 5th ed)
Sebenarnya materi standar audit diajarkan kemarin tetapi baru hari ini saya tulis di sini. Berhubung materinya tentang standar, saya nulisnya agak serius ya. Standar audit adalah standar yang membuat siapapun auditor yang melakukan audit akan menghasilkan mutu pekerjaan yang kualitasnya sama. Tujuan ditetapkannya standar adalah:

1. Menetapkan prinsip-prinsip dasar yang merepresentasikan praktik-praktik audit intern yang seharusnya
2. Menyediakan kerangka kerja pelaksaan dan peningkatan kegiatan audit intern yang memiliki nilai tambah
3. Menetapkan dasar-dasar pengukuran kinerja audit intern
4. Mempercepat perbaikan kegiatan operasi dan organisasi (APIP)
5. Menilai, mengarahkan, dan mendorong auditor untuk mencapai tujuan audit intern
6. Menjadi pedoman dalam penugasan audit intern
7. Menjadi dasar penilaian keberhasilan penugasan audit intern

Standar audit dibagi menjadi 4 bagian:

1. Prinsip-Prinsip Dasar (kode 1000)
1000- Visi, misi, tujuan, kewenangan, dan tanggung jawab APIP harus dinyatakan secara tertulis dan disetujui pimpinan K/L/Pemda serta ditandatangani oleh pimpinan APIP sebagai piagam audit (audit charter)
1100- APIP dan kegiatan audit intern harus independen serta para auditornya harus objektif
1110- Pimpinan APIP bertanggung jawab kepada pimpinan K/L/Pemda agar tanggung jawab pelaksanaan audit dapat terpenuhi
1120- Auditor harus memiliki sikap yang netral dan tidak bias serta menghindari konflik kepentingan
1130- Jika independensi atau objektivitas terganggu, baik secara faktual maupun penampilan, gangguan tersebut dilaporkan kepada pimpinan APIP.
1120- Auditor harus mematuhi kode etik yang telah ditetapkan

1 Apr 2014

CATATAN DIKLAT PENGAWASAN: PROFESSIONAL JUDGEMENT

Seorang bendahara telah berusaha meminjam uang kepada atasannya dan tidak mendapat pinjaman untuk pengobatan anaknya. Dia meminjam uang kas kemudian seorang auditor melakukan opname kas dan menemukan kekurangan kas tersebut. Jika kita adalah auditor itu, apa yang akan kita lakukan?
Bu Raida is back, eh, I’m back :D
Materi hari ini adalah mengenai standar audit AAIPI (Asosiasi Auditor Internal Pemerintah Indonesia). Standar audit adalah ukuran mutu minimal untuk melakukan kegiatan audit. Kenapa standar ini dirumuskan? Karena APIP (aparat pengawas intern pemerintah) harus menjadi agen perubahan yang dapat memberi nilai tambah. Selain itu standar audit ini juga berfungsi menjaga mutu hasil audit internal. Nah, APIP yang efektif dapat terwujud jika didukung dengan auditor yang profesional dan kompeten dengan hasil audit yang berkualitas. Dari penjabaran panjang lebar di atas, kata nilai tambah sungguh menggugah pikiran saya. Apakah auditor telah bersungguh-sungguh melakukan usaha terbaik guna memberikan nilai tambah bagi auditee?

And actually I’m not into that standard material as I deeply into auditor’s judgement discussion. Bu Raida kembali menggedor-gedor nurani peserta diklat sebagai calon auditor. Kali ini dengan serentetan pertanyaan dan pernyataan yang membuat peserta diklat harus merenung dalam-dalam. The biggest thing today is her statement about professional judgement.

“Saya selalu katakan bahwa auditor seharusnya belajar komunikasi empati. Jangan menutup mata terhadap hal-hal baik.” Ujar Beliau
Copyright © 2013 imzpression.com . WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9
Blogger templates . Proudly Powered by Blogger .