-->

Hello, this is me!

Nur Imroatun Sholihat

Your friend in learning IT audit Digital transformation advocate a-pat-on-your-shoulder storyteller

18 May 2014

TIPS DAN TRIK MEMBUAT KAMAR MENJADI RAPI

  • May 18, 2014
  • by Nur Imroatun Sholihat
Bagi anak kos, kamar yang tidak sedap dipandang adalah problema yang sepertinya sulit terselesaikan. Jumlah barang yang tidak sepadan dengan luasnya kamar adalah salah satu pemicunya. Yes, selain memiliki complicated relationship dengan cucian, anak kos memiliki hubungan yang tak kalah peliknya dengan barang-barang di kamarnya. Barang-barang tersebut tidak mau menata diri sendiri agak tampak indah, melainkan membutuhkan kita untuk merapikannya. Masalah menjadi semakin parah karena saat jumlah barang di kamar sangat banyak--jangankan menata, tempat tidur pun kita bisa alih fungsi menjadi tempat baju cucian yang belum disetrika. Kemudian kita pun tidur di lantai *pasrah. Anak kos having such a complicated life.

Dengan pengalaman ngekos lebih dari 7 tahun, saya akhirnya menemukan cara menghadapi masalah tersebut. Berikut adalah tips dan trik yang bisa saya bagi kepada anak kos di seluruh penjuru negeri:

1. Rajin merapikan kamar
Tips ini adalah tips paling lurus sekaligus paling sulit untuk dilakukan. Jika kita rajin merapikan kamar, niscaya kamar kita akan rapi. Syarat= tidak malas *wajah polos

2. Memilih furniture hemat tempat
Dengan banyaknya penemuan yang memudahkan kehidupan manusia, ditemukan juga furniture yang tidak menghabiskan tempat. Lakukan juga penataan furniture agar tidak makan tempat. Beberapa pilihan yang bisa saya bagi adalah kasur ukuran kecil, kipas yang dipasang di dinding, meletakkan rak di atas lemari, meja lipat, dll.

3. Menyuruh orang lain merapikan kamar
Tips ini memiliki risiko besar yaitu digetok orang lain. Jika tidak percaya silakan dibuktikan dengan menyuruh teman untuk merapikan karut-marut kamar kita. Tetapi tips ini masih bisa berjalan jika kita menjanjikan traktir makanan kesukaannya setelah merapikan kamar kita. Selamat mencoba.

4. Menggunakan kolong tempat tidur
Namun jika tidak ingin ambil pusing merapikan barang-barang tersebut, masukkan dalam kardus dan simpan di bawah kolong. Selesai. Kamar dalam sekejab menjadi sangat rapi. Jika ingin menggunakan cara ini, pastikan tidak ada hewan pengerat yang ngumpet di kolong tempat tidur ya. Juga bersiap-siaplah untuk pusing saat mencari barang.

5. Memilih pasangan hidup tipe rapi
Nah, setelah sadar bahwa merapikan kamar sungguh bukan pekerjaan yang mudah pastikan bahwa kita memilih suami/istri yang nggak betah rumahnya berantakan. Dijamin kamar kita juga bakal rapi atau tiba-tiba kita dicerai disuruh ikut kursus merapikan rumah.

6. Meletakkan benda-benda tertentu di luar kamar
Jika anda adalah anak kos, maka strategi berikut sangat berguna. Letakkan rak sepatu, tempat cucian, atau barang-barang tertentu di depan kamar. Sebelum itu pastikan tidak ada pencuri yang akan mengamankan sepatu dan cucian kita.

7. Berhenti belanja
Mulai pusing menata kamar? Mungkin tandanya kamar sudah tak sanggup lagi ditambahi barang. Mulailah berhenti belanja dan menyimpan uang tersebut untuk rencana masa depan *ceileeeee.  Cara ini selain efektif menekan jumlah barang juga memperbesarkan kemungkinan kita menjadi duta menabung nasional.

8. Menyumbangkan barang/barang tidak berguna
Biasakan juga untuk tidak menumpuk-numpuk barang yang sekiranya tidak kita perlukan. Barang-barang tersebut sebaiknya dibuang atau dijual saja. Jika dijual dan uangnya ditabung, gelar duta menabung cabang kosan kita berhak disandang oleh diri kita sendiri.

Tetapi jika ingin solusi yang lebih mulia, sumbangkanlah barang-barang tersebut. Sortir barang-barang di kamar yang tidak benar-benar kita butuhkan untuk disumbangkan. Jika kita punya kebanyakan tas, mungkin ada adik-adik di luar sana yang lebih membutuhkan. Dengan demikian tercapailah win-win solution: kamar rapi, orang yang lebih membutuhkan juga mendapatkan hal yang dibutuhkan. Itu belum menghitung pahala yang akan kita dapat *ustadzah mode on

9. Membawa pulang barang-barang tidak berguna ke  rumah
Kalau yang ini sering saya lakukan. Setiap pulang kampung, saya bawa barang-barang yang tidak saya gunakan. Beberapa baju yang hampir tidak pernah dipakai di kosan sebaiknya simpan di rumah saja. Berkurangnya jumlah barang bisa memperbesarkan kemungkinan rapinya kamar.

Solusi ini juga biasa disebut memindahkan ketidakrapian.

10. Pindah kamar
"Bahwa sesungguhnya salah satu cara merapikan kamar adalah dengan pindah kamar"- Mbak Fit dan Iim

Solusi ini sebenarnya kurang dianjurkan karena membutuhkan tenaga yang luar biasa, kemauan menata ulang kamar, dan juga faktor ketersediaan kamar itu sendiri. Solusi ini baru saja dipraktikkan oleh Mbak Fit dengan hasil yang mencengangkan. Karena pindah kamar itulah saya terinspirasi menuliskan ide tentang merapikan kamar yang selama ini ada di pikiran saya. Mungkin setelah ini majalah tentang rumah harus mewawancarai saya tentang ide kreatif saya lainnya *ditimpuk sandal *kabuuuurr
Well done :p
Demikian tips dan trik yang sungguh absurd ini. Oh ya, selamat mencoba, semoga berhasil :D
----------------------------------
image source: andreajoseph24's blog
Read also: Manis Manja Group
                  Tutup
                  Magic Com

0 Comments:

Post a Comment

Videos

Jakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE