6 Jan 2015

TIPS DAN TRIK BAGI ORANG YANG MENGANTUK SAAT RAPAT

holykaw.alltop.com

Hello, I’m back with absurd tips and tricks. Setelah sebelumnya ada tips dan trik agar kamar menjadi rapi (read it here), kali ini saya akan membagikan tips dan trik bagi orang-orang yang sering mengantuk saat rapat (please, COUNT ME IN! *shameless). Mengantuk di saat-saat penting memang menyebalkan. Untung saja kita bisa menggunakan banyak cara untuk menghadapinya. Setelah melewati begitu banyak pengalaman ngantuk di dalam ruang rapat, akhirnya ide menulis ini tercetus. Here we go…

1. Posisi Menentukan Tingkat Kantuk
Bahwasanya posisi Anda duduk di ruang rapat akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kantuk. Pilih duduk di baris terdepan dan niscaya Anda tidak akan bisa menampakkan wajah ngantuk. Jika baris terdepan sudah terisi dan Anda tidak punya opsi lain, pilihlah kursi terdekat dengan orang tercakep di kantor. Pemandangan yang baik tidak akan membuat Anda bosan ataupun sempat berpikir bahwa Anda mengantuk.

2. Minta Cubit Sebelah
Apabila Anda sudah kesulitan untuk membuka kelopak mata, mintalah sebelah Anda untuk mencubit Anda. Cubitan yang sangat sakit di kulit akan sanggup membuat Anda tiba-tiba terbangun (kemudian balik tertidur lagi *ruuun). Pastikan bahwa Anda duduk di sebelah si cakep tadi, minta cubit kepadanya, dan efeknya Anda akan kehilangan rasa kantuk sama sekali. Siapkah diri untuk dikira kecentilan. hihihi. 

Trik ini sering juga disebut trik menyakiti kulit yang tidak berdosa.

3. Cuci Muka Dengan Air Mineral
Saat kita ikut sebuah rapat, biasanya disajikan air mineral. Teteskan air mineral tersebut ke telapak tangan lalu basuhkan ke wajah. Selain efektif menghilangkan rasa kantuk, cara ini juga membuat muka tampak cerah berseri.

4. Makan
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat makan, kita tidak mungkin tidur. Karena itu pastikan membawa makanan atau meminta makanan dari peserta lain. Makanan pedas diutamakan apalagi jika tidak tersedia air minum atau air minum sudah habis. Makanan favorit juga disarankan untuk menghadapi rasa kantuk ini.

5. Buatlah Resume
Mintalah atasan Anda menagih resume setiap selesai rapat. Cara ini akan membuat Anda tak hanya kehilangan rasa kantuk tapi juga memperhatikan rapat dengan serius. Apabila Anda rajin membuat resume, tidak berlebihan rasanya jika di ajang penghargaan tahunan di kantor Anda akan menyabet penghargaan pembuat resume terbaik.
6. Tidurlah yang Cukup Sebelum Rapat
Di malam sebelum diadakan rapat, tidurlah yang cukup. Apabila tidur malam Anda belum cukup, tidurlah sebelum rapat dimulai. Pastikan ada yang membangunkan Anda untuk rapat atau Anda akan ketinggalan rapat.

7. Sangga Kelopak Mata dengan jari-Jari
Pernah mencoba menyangga kelopak mata dengan jari-jari? Teori ini diambil dari sebuah fakta penting bahwa kita tidak bisa tidur jika kelopak mata kita terbuka. Gunakan kedua tangan untuk menyangga kelopak mata dan lanjutkan mengikuti rapat. Ada sebuah teorama super penting dalam penggunaan tips ini: pastikan bahwa gaya yang diberikan tangan untuk menyangga lebih besar dari gaya dorong kelopak mata untuk menutup.

8. Mengobrol
Cara ini sepertinya sudah diterapkan begitu banyak orang di berbagai belahan dunia. Cara ini tidak disarankan jika Anda belum memiliki kemampuan mengobrol tanpa terlihat mengobrol. Di sini saya akan memberi tips cara mengobrol di rapat yang baik dan benar. Pastikan mata Anda tetap ke arah depan, bukan ke arah teman ngobrol Anda. Pastikan telinga kiri dan kanan mendengarkan hal yang berbeda: satu mendengarkan materi rapat sedang lainnya mendengarkan suara teman ngobrol. Diperlukan jam terbang tinggi untuk akhirnya mampu mengobrol dengan baik dan benar di dalam rapat.

9. Anda tidak perlu datang rapat
Apabila wajah Anda tidak terlalu dikenali publik peserta rapat, Anda dapat meminta orang lain menyamar  menjadi Anda. Dengan demikian, kita tidak perlu datang sendiri ke rapat. Penyamaran ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar sepanjang rapat tidak terjadi kecurigaan. Carilah juga korban yang mau menggantikan Anda rapat tanpa meminta imbalan apapun, niscaya Anda akan mendapat keuntungan berlipat.

Tetapi jika peserta rapat mengenali anda, anda masih dapat tidak mendatangi rapat. Mintalah atasan anda mengganti peserta rapat selain Anda atau buatlah alasan terbaik untuk tidak datang ke rapat. Teori ini memang penuh bahaya. Yeah, high risk high return *kabuur.

10. Mendengarkan musik
Tips ini dikhususkan bagi mereka yang menggunakan jilbab. Dengarkan musik kesukaan Anda saat rapat tanpa rasa khawatir. Mendengarkan musik (asal bukan musik relaksasi, musik ballad, atau lagu nina bobo) dipercaya dapat mengusir rasa kantuk. Gunakan earphone untuk mendengarkan musik. Satu telinga mendengarkan musik dan telinga lain mendengarkan rapat. Adil kan? *mlipir 

11. Menggerakkan badan
Berolahraga juga dapat dilakukan di tempat rapat. Lakukan gerakan-gerakan kecil agar badan menjadi segar kembali. Bersiaplah untuk menjadi duta kesehatan kantor, pals!

12. Tidurlah Secanggih Mungkin
Namun apa daya jika rasa kantuk telah mengalahkan kita, satu-satunya jalan yang harus dipilih adalah tidur. Pelajari teknik tidur di mana kita tidak terlihat tertidur. Semakin banyak latihan, maka penyamaran kita akan semakin baik. 

Tidur adalah kebutuhan dasar manusia. Karena itu, jika anda benar-benar mengantuk maka tidurlah. Pastikan kantor anda tidak mempunyai peraturan yang menghakimi orang yang tertidur di ruang rapat.

Nah, demikian tadi tips dan trik bagi orang yang mengantuk saat rapat dari saya. Sekian dulu kerandoman dari saya. Selamat mencoba :)

No comments :

Post a Comment

Copyright © 2013 imzpression.com . WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9
Blogger templates . Proudly Powered by Blogger .