-->

Hello, this is me!

Nur Imroatun Sholihat

Your friend in learning IT audit Digital transformation advocate a-pat-on-your-shoulder storyteller

5 Apr 2014

SAUNG ANGKLUNG UDJO

  • April 05, 2014
  • by Nur Imroatun Sholihat
Indonesia itu kaya akan seni dan budaya. Saung Angklung Udjo adalah salah satu buktinya.
Jika teman-teman sedang main ke Bandung, Saung Angklung Udjo adalah salah satu tujuan yang sayang dilewatkan. Entah saya yang ketinggalan info atau gimana, masa saya baru aja tahu keberadaan tempat keren ini. Ceritanya beberapa waktu yang lalu saya terbawa rombongan mengunjungi saung itu. Namanya juga keangkut, mana tahu pertunjukan angklung macam apa yang mau dilihat di sana. Nggak tahunya Saung Angklung Udjo itu keren pisan euy. Sok atuh ameng ka ditu *buka kamus Sunda biar bisa pake Bahasa Sunda.
narsis di toko souvenirnya
Begitu sampai di sana, kami disambut akang kasep petugas yang memberi ucapan selamat datang sembari menghadiahkan kalung berliontin angklung. Oh, jadi ini saung isinya akang-akang kasep *ditoyor pake angklung. Saya baru tau kemudian kalau kalung itu adalah tiketnya. Dan setelah masuk ke dalamnya, saya yakin tempat ini lebih tepat disebut tempat penangkaran angklung daripada saung *emangnya kura-kura, ada penangkarannya segala. Ada toko souvenir bagi yang pengen bawa pulang oleh-oleh. Oh ya, angklungnya banyaaaaak dan bagus buat jadi objek foto. Suasananya asri karena banyak pepohonan terutama pohon bambu. Ada tempat nunggu pertunjukan yang nyaman. Tempatnya disusun sedemikian rupa jadi terlihat klasik dan Sunda banget.
tempat nunggunya asyik :)
Nah, setelah menunggu di tempat yang asyik, saatnya kita menonton pertunjukan angklung. MC-nya geulis pisan *MC cowoknya juga kasep *salah fokus. Pertunjukan dibuka dengan penampilan wayang golek. Dalangnya lucu, apalagi si Cepot. Saya pun bertekad bikin Cepot fans club (CFC), LOL. Disambung penampilan Heleran, yaitu perayaan acara sunatan. Ada anak kecil yang diarak naik kuda-kudaan. Ada juga penampilan arumba (gabungan beberapa alat musik), penampilan tari topeng (penarinya masih muda banget, iriiii). Kami juga diajak main angklung bareng. Setiap penonton dipinjami satu angklung yang nadanya beda-beda. Kami diminta membunyikan sesuai perintah dirigen. Dengan skill pas-pasan akhirnya kami bisa juga memainkan lagu *bangga padahal lagunya gampang. hihihi
the performers
Oh ya, masih ada lagi penampilan lainnya yaitu angklung orkestra. Ckckck, yang ini bikin speechless saking bagusnya. Lagu pop dibunyikan pakai angklung: the sundanese vibe on pop song is cool. Akhirnya kita sampai di acara puncak yaitu semua penonton diajak berjoged bersama oleh para pelaku pertunjukan. Suasana permainannya sungguh susah dilupakan. Saya bingung menjelaskannya, harus nyobain sendiri deh nonton pertunjukannya. Oh ya, selain melestarikan seni tari dan angklung, yang bikin saung ini makin berkesan adalah semangat mendidik anak-anak untuk menjadi bagian dari seni itu. Those kiddos are impressive :D
Semua penonton diajak bermain bersama. Cute :)
Bagi yang ingin berkunjung, Saung ini beralamat di Jalan Pasaduka 118, Bandung Timur. Pastiin bawa temen ya kalau ke sana biar ada yang motion nggak kesepian *apa deh im. Jangan lupa juga buat mengabarkan ke teman-teman yang lain soal tempat satu itu. Biar makin banyak orang yang tahu kalau Indonesia itu kaya banget akan seni dan budaya. Soal seni, Indonesia emang pantas banget dibanggain kan?

Hmmm, sekian dulu cerita soal Saung Angkung Udjo. Selamat berkunjung :)

0 Comments:

Post a Comment

Videos

Jakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE