CCNA

By nurimroatun - May 22, 2015


Saya tidak akan melupakan bagaimana perasaan saya hari ini: kegembiraan ketika 4 alfabet tersemat di belakang nama saya. I adore these 4 alphabets: CCNA.

Sebetulnya saya hanyalah seorang yang tersesat ke dunia teknologi informasi. Mulanya, saya teramat awan tentang segala seluk beluk TI. Kemudian saya terpaksa mencicipinya karena saya harus menjalankan pekerjaan yang diberikan kepada saya termasuk tentang jaringan. Ngomong-ngomong soal jaringan, jaringan di kantor saya menggunakan banyak perangkat CISCO. Di sinilah semua bermula.


Kesan pertama saya terhadap CISCO bisa dibilang biasa saja. Saya ingat di awal masa kerja, saya diajak masuk ruang server di mana tulisan CISCO tertera di beberapa produk di sana. Tak jarang ketika menjalankan layanan tentang jaringan, saya menyentuh benda bertulisan CISCO sekadar untuk me-restart agar bisa berfungsi normal kembali. CISCO adalah kata yang teramat saya kenal tetapi tidak saya mengerti—seperti seorang kawan yang kita hafal namanya tetapi tidak tahu cerita di dalam dirinya.

Perkenalan saya dengan CISCO berlanjut saat saya mendapat kesempatan training CCNA 200-120 accelerated. Training ini ditujukan untuk memahami konfigurasi jaringan dengan perangkat CISCO. Otak saya tidak bisa bekerja dengan baik untuk menerima materi training yang demikian sulit dan banyak. Ditambah, saya yang pengetahuan jaringannya rendah banget ini diharuskan ikut kelas percepatan yang hanya 5 hari (karena cuma dapet jatah training 5 hari) padahal normalnya CCNA dipelajari selama 10 hari. My brain was about to explode everytime I was in the class. Di hari akhir training, saya diajari tentang EIGRP. EIGRP is the best routing protocol in the world. Pemilik EIGRP adalah CISCO. Entah mengapa setelah diajari beberapa routing protocol, EIGRP milik CISCO terlihat demikian keren. Haha. Singkat cerita saya jatuh hati pada CISCO. I adore CISCO since I-heard-that-EIGRP-is-the-best-routing-protocol moment. 
Hari ini saya mengikuti ujian sertifikasi CCNA . Ujian ini sungguh mengganggu pikiran saya berhari-hari ini—saya bahkan di suatu malam sulit tidur karenanya. Saya selalu menjadi siswa yang lemah di mata pelajaran matematika dan materi CCNA banyak bermain dengan angka. Oleh karena itu, saya tidak punya pilihan lain selain belajar keras agar saya lulus ujian itu. Proses belajar saya membuat saya sadar betapa inginnya saya melewati ujian ini dengan baik. Kecintaan terhadap sesuatu adalah senjata terbaik untuk mendapatnya--mungkin hal itu juga berlaku bagi ujian ini. Saya lupa kapan terakhir kalinya saya demikian terobsesi pada sesuatu. CCNA benar-benar membuat saya “gila”.
abaikan muka kurang tidur saya. Foto ini diambil 5 menit sebelum
ujian sebagai bukti bahwa benar kita yang mengerjakan ujian tersebut
Dan setelah melewati 51 soal ujian, saya lulus dan resmi menyandang gelar CCNA. Alhamdulillah. Saya tahu ini bukan semata-mata karena saya belajar begitu keras tetapi juga karena Allah menolong saya. Terima kasih ya Allah atas 4 huruf indah ini. CCNA adalah bahan bakar untuk saya bekerja lebih keras lagi.

Dear CCNA, thank you for coming into my life. ❤
-------------------------
image source: here





  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. This is really a nice and informative,

    got a great impact on the new technology. Thanks for sharing


    ccna institute in Chennai

    ccna Training center in Chennai

    ReplyDelete
  2. Great Article IoT Projects for Students

    Deep Learning Projects for Final Year

    JavaScript Training in Chennai

    JavaScript Training in Chennai

    The Angular Training covers a wide range of topics including Components, Angular Directives, Angular Services, Pipes, security fundamentals, Routing, and Angular programmability. The new Angular TRaining will lay the foundation you need to specialise in Single Page Application developer. Angular Training

    ReplyDelete