ALLAH SELALU TEPAT WAKTU

By nurimroatun - October 26, 2017

image source: lovethispic.com
Sebuah kejadian di pagi ini menyadarkan saya tentang betapa tepat waktunya Sang Pengatur Kehidupan. Menjelang berangkat bekerja saya tiba-tiba menerima telepon cukup lama tentang persiapan perjalanan saya dan seorang dosen di kampus saya dulu untuk mempresentasikan paper kami. Jarum di jam tangan seolah menegur saya untuk segera berangkat tetapi saya tidak enak hati memotong obrolan yang cukup penting itu. Lalu saya berdoa: “Semoga nanti saya tidak perlu nunggu angkot sehingga saya tidak terlambat, Ya Allah”

Saya pun berjalan tergesa-gesa menuju tempat saya biasa menunggu angkot dan yang ditunggu pun lewat tepat saat saya sampai. Saya pun bengong sendiri. “Allah is THAT on time? I mean, REALLY REALLY PUNCTUAL?”. Allah setepat waktu itu? Serius?

Dan kalau dipikir-pikir, akhir-akhir ini Allah sedang banyak menunjukkan kekuasaan-Nya untuk menegur saya. Pernah nggak sih kalian pas berdoa sebenarnya nggak 100% percaya itu terwujud? Nah, beberapa waktu yang lalu tanpa saya sadari saya begitu. Tiap berdoa bawaannya, “Ya Allah, hamba mohon kabulkanlah doa-doa hamba, ya Allah” tapi di dalam hati sebenarnya  bertanya-tanya “ini terwujud nggak ya?”. Bukan dalam konteks meragukan kemampuan Allah untuk mengabulkan doa kita ya tapi lebih ke arah realistis aja sih doa kan kadang-kadang nggak dijawab seperti yang kita minta. Nah, serentetan kejadian yang terjadi akhir-akhir ini membuat saya termenung dan menyadari betapa bodohnya saya meragukan kekuatan doa. Maka saya mengingatkan diri saya agar berdoa dengan yakin. Berdoalah dengan sungguh-sungguh percaya bahwa Allah akan mengabulkan jika memang itu yang terbaik. Berdoalah dengan sepenuh hati bahwa Allah sangat berkuasa atas apapun di semesta ini. Allah akan menggerakkan semesta untuk menjadikan mimpimu nyata dan itu teramat mudah bagi-Nya. Dengar im, sangat mudah bagi Allah untuk menjadikan apapun bagimu. Jadi kalau Allah berkehendak lain atas doamu itu artinya Allah menghendaki yang lebih baik.

Maka lewat tulisan ini saya ingin berbagi renungan kepada teman-teman semua yang doanya belum terwujud. Allah bisa memberikan apapun kepadamu lalu mengapa kau tak berdoa dengan seyakin-yakinnya? Allah bisa menjadikan ketidakmungkinan terwujud di depan matamu lalu mengapa kau meragukan kekuatan doamu sendiri? Allah berjanji dalam Al Quran bahwa Allah untuk mengabulkan doamu lalu mengapa kau sombong tidak meminta kepadanya dengan sungguh-sungguh?

Allah akan mengabulkan doamu ketika waktunya tepat. Jika tidak, Allah menggantinya dengan yang lebih baik. Jika tidak Allah mengakumulasikan doamu sebagai amal baik kelak di akhirat. Jadi, mari berdoa dan biarkan Allah menindaklanjuti doa kita. Berdoalah untuk segala sesuatu mulai dari yang mungkin sampai tidak mungkin, dari yang besar sampai yang sepele. Berdoalah bahkan untuk-hal sekecil apapun seperti agar angkot yang kita tunggu tidak lama datangnya, baju yang ingin kita beli murah harganya, bisa terbangun dini hari untuk melaksanakan tahajud, tidak lupa minum 2 liter per hari, diberi keberanian untuk berpendapat dalam rapat, agar hati dosen pembimbing lunak kepada kita, dll. “Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan.” (QS Al Mu’min: 60). Sepertimu yang menghendaki kebaikan, Allah juga menghendaki kebaikan. Berdoalah. Selebihnya percaya saja Allah memeluk doamu seperti kamu memeluk doamu. 
------
(Mata saya berkaca-kaca dan tangan saya gemetaran mengetik kalimat demi kalimat ini.)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments