TRAINING DAN UJIAN COBIT 5 FOUNDATION

By nurimroatun - April 24, 2018

source: pixabay.com
In a global, digital economy, if IT is not a strategic asset, it’s a strategic liability.” (Peter Weill, IT Savvy: What Top Executives Must Know to Go from Pain to Gain)

Aloha! Long time no see. Sebagai makhluk remah-remah rengginang yang kalau belajar harus fokus banget biar paham, saya sampe nggak nulis dulu akhir-akhir ini. Guess what's the class I took a few days ago? Yes. COBIT 5 Foundation Training. Ketertarikan saya pada dunia tata kelola TI (IT governance) dimulai saat saya memutuskan untuk menulis skripsi dengan topik penerapan audit tata kelola TI berbasis COBIT 4.1 di Kemenkeu (you can read my undergraduate thesis here). Dan sudah menjadi rahasia umum kalau skripsi itu diubek-ubek hampir tiap waktu dalam durasi yang sangat lama kan? Witing tresno jalaran seka kulino benar adanya. Singkat cerita, sebenarnya sih nggak paham-paham amat tapi saya jatuh hati sama filosofi tata kelola TI. Weill (2004) menyatakan: IT governance matters because it influences the benefits received from IT investment (tata kelola TI penting sebab mempengaruhi manfaat yang diterima dari investasi TI). Gini deh, kita semua dari level individu aja menghabiskan uang yang tidak sedikit untuk TI kan? Boleh lah hitung total harga laptop, ponsel, dan aneka gadget kita. Nah, bayangkan berapa banyak uang yang dihabiskan organisasi besar untuk TI mereka. Terus gimana sih memastikan dana besar yang diinvestasikan dalam wujud TI itu memberikan keuntungan yang sepadan bagi organisasi? Berdasar pernyataan Weill di atas, manfaat investasi TI dapat dipastikan dengan tata kelola TI yang baik.
Di sanalah rasa sayang saya pada COBIT, the globally accepted IT governance framework, dimulai. Dan sekarang ketika kesempatan belajar versi terbaru COBIT datang, saya tidak menyia-nyiakannya. Sebagai the upgraded version of COBIT 4.1, COBIT 5 menawarkan banyak benefit yang ciamik banget kalau diterapkan di organisasi. Training yang diselenggarakan oleh ATD Learning Indonesia ini diampu oleh Prof. Eko Indrajit. Simply said, Prof. Indrajit is such a COBIT master. Penjelasannya bagus, penguasaan materinya jempolan, cara ngajarnya pun menyenangkan banget. Training yang berlangsung selama 3 hari itu ditutup dengan ujian COBIT 5 Foundation. Anyway, saran saya bagi teman-teman yang mau mengikuti ujian yang sama: baca COBIT 5 Framework terutama COBIT 5 principles, process reference model (PRM), enablers, COBIT 5 implementation phase, dan process assessment model (PAM) (silabusnya bisa dilihat di gambar di bawah ini). Selain itu, pelajari bank soal COBIT 5 Foundation supaya paham jenis-jenis soal yang akan dikeluarkan.
Alhamdulillah. Setelah menunggu pengumuman resmi dari APMG International, saya dinyatakan lulus ujian COBIT 5 Foundation. Saya sungguh-sungguh bersyukur karena Allah menakdirkan saya untuk memperdalam ilmu TI. Saya juga berterima kasih kepada Kelompok Audit TI yang memberikan saya kesempatan istimewa ini. Seperti yang dulu saya katakan, ini adalah bahan bakar saya untuk bekerja lebih keras lagi.
Sebagai seseorang yang kesehariannya di Audit TI, saya ingin menjadi bagian dari orang-orang yang memastikan bahwa investasi TI yang selama ini dilakukan oleh organisasi saya bernaung is an asset, not a liability. Saya ingin memberikan kontribusi kecil saya agar investasi TI tidak berakhir sebagai beban anggaran tetapi sebagai aset yang menguntungkan organisasi. And I know, my job hasn’t done yet.
---------
Read also:  Information Technology Infrastructure Library
                    CCNA










  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Halo Mbak, boleh tanya nggak ya... saya tertarik buat ikut sertifikasi juga yang foundation. Buat soal yang exam ini apakah sama persis nantinya dengan modul Cobit 5-nya? Berhubung saya sudah pernah ikut sertifikasi CSX dan soal ujiannya mirip dengan yang ada di modul. Terima kasih sebelumnya sudah menyimak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiii. Terima kasih sudah mampir :)

      Di modulnya seingat saya tidak ada atau hanya ada sedikit soal latihan (atau mungkin jika berbeda provider training, beda modul ya, saya kurang tahu). Tapi saya belajar dari bank soal yang disediakan pengajar dan itu lumayan membantu.

      anyway, sudah ikut CSX ya? Wah saya sedang tertarik belajar cybersecurity. Boleh minta kontaknya? Saya mau nanya-nanya juga :)

      Delete