-->

Hello, this is me!

Nur Imroatun Sholihat

Your friend in learning IT audit Digital transformation advocate a-pat-on-your-shoulder storyteller

9 Feb 2020

TUESDAYS WITH MORRIE (A SUMMARY)

  • February 09, 2020
  • by Nur Imroatun Sholihat
The review in the most straightforward manner: "A book that made me ugly cried"
source: bookbarista.nl
Saya baru saja rampung membaca buku “Tuesday with Morrie: an old man, a young man, and life’s greatest lesson”. Memoir yang ditulis oleh Mitch Albom, seorang jurnalis dan penulis, itu disebutnya sebagai “tesis terakhir”-nya bersama Profesor Morris Schwartz yang membimbingnya semasa kuliah. Enam belas tahun tidak pernah bertukar kabar pasca kelulusannnya, Mitch melihat sang profesor muncul di acara TV Nightline membahas penyakit yang dideritanya, ALS (amyotrophic lateral sclerosis). Acara yang membuatnya menyadari bahwa profesor favoritnya tidak memiliki banyak waktu tersisa itu memutar kembali ingatan Mitch akan kebersamaan mereka. Tatkala duduk di bangku kuliah, hampir semua pertemuannya dengan pria yang dipanggilnya “coach” itu terjadi di hari selasa. Kini, dia pun mengunjungi Morrie setiap hari selasa untuk berbicara dengannya: rangkaian pertemuan yang sarat pesan tentang kehidupan.


Inilah pesan dari pertemuan mereka setiap selasa yang mengetuk pikiran (or should I say, menggedor hati dengan sangat keras seolah hendak mendobrak dan merubuhkannya) seiring tubuh Morrie yang merenta, melemah, hingga akhirnya menutup mata selama-lamanya:

  • Selasa pertama mereka membicarakan dunia
“The most important thing in life is to learn how to give out love, and to let it come in.”

“Hal terpenting dalam hidup adalah belajar bagaimana membagikan cinta, dan membiarkannya masuk (dalam dirimu).”

  • Selasa kedua mereka membicarakan tentang merasa bersalah pada diri sendiri
 “I give myself a good cry if I need it.  But then I concentrate on all the good things still in my life. On the people who are coming to see me. On the stories, I’m going to hear. On you—if it’s Tuesday. Because we’re Tuesday people.”

“Aku membiarkan diriku menangis yang baik jika aku membutuhkannya. Tetapi kemudian aku berkonsentrasi pada semua hal baik yang masih ada dalam hidupku. Pada orang-orang yang datang menemuiku. Tentang kisah-kisah yang akan kudengar. Tentang kamu — jika itu hari Selasa. Karena kita orang Selasa.”

  • Selasa ketiga berbicara tentang penyesalan
The first time I saw Morrie on “Nightline”, I wondered what regrets he had once he knew his death was imminent. Did he lament lost friends? Would he have done much differently?....

“It’s what everyone worries about, isn’t it? What if today were my last day on earth? Mitch, the culture doesn’t encourage you to think about such things until you’re about to die,…. You need someone to probe you in that direction. It won’t just happen automatically.”

I knew what he was saying. We all need teachers in our lives.

Pertama kali aku melihat Morrie di "Nightline", aku bertanya-tanya penyesalan apa yang dimilikinya ketika mengetahui kematiannya sudah dekat. Apakah dia menyesali kehilangan teman? Apakah dia akan melakukan hal-hal dengan jauh berbeda?......

“Itu yang dikhawatirkan semua orang, bukan? Bagaimana jika hari ini adalah hari terakhirku di dunia? Mitch, budaya tidak mendorong kita untuk memikirkan hal-hal seperti itu sampai kamu di ambang kematian, .... Kamu membutuhkan seseorang untuk menggiringmu ke arah itu. Itu tidak akan terjadi begitu saja. "

Aku tahu apa yang dia katakan. Kita semua membutuhkan guru dalam kehidupan kita.

  • Selasa keempat mereka berbicara tentang kematian
“Everyone knows they’re going to die,” he said again, “but nobody believes it. If we did, we would do things differently.”

“Semua orang tahu mereka akan mati," katanya lagi, "tetapi tidak ada yang mempercayainya. Jika iya, kita akan melakukan berbagai hal dengan berbeda. ”

  • Selasa kelima kami berbicara tentang keluarga
“Sure, people would come visit, friends, associates, but it’s not the same as having someone who will not leave. It’s not the same as having someone whom you know has an eye on you, is watching you the whole time.”

Tentu, orang-orang akan mengunjungi, teman, rekan, tetapi itu tidak sama dengan memiliki seseorang yang tidak akan pergi. Itu tidak sama dengan memiliki seseorang yang kamu tahu dia menaruh kepedulian padamu, memperhatikanmu sepanjang waktu.

  • Selasa keenam kami berbicara tentang perasaan
“But by throwing yourself into these emotions, by allowing yourself to dive in, all the way, over your head even, you experience them fully and completely. You know what pain is. You know what love is. You know what grief is. And only then can you say, ‘All right. I have experienced that emotion. I recognize that emotion. Now I need to detach from that emotion for a moment.’”

“Tapi dengan menyerahkan dirimu ke dalam perasaan-perasaan itu, dengan membiarkan dirimu menyelaminya, seluruhnya, bahkan tenggelam di dalamnya, kamu merasakannya segenapnya dan sepenuhnya. Kamu tahu apa itu rasa sakit. Kamu tahu apa itu cinta. Kamu tahu apa itu kesedihan. Dan hanya dengan begitu kamu dapat berkata, ‘Baiklah. Aku telah mengalami perasaan itu. Aku mengenali emosi itu. Sekarang aku perlu melepaskan diri dari perasaan itu sejenak. "

  • Selasa ketujuh kami berbicara tentang ketakutan menua
“It’s very simple. As you grow, you learn more. If you stayed at twenty-two, you’d always be as ignorant as you were at twenty-two. Aging is not just decaying, you know. It’s growth. It’s more than the negative that you’re going to die, it’s also the positive that you understand you’re going to die, and that you live a better life because of it.”

“How can I be envious of where you are—when I’ve been there myself?”

“Itu sungguh sederhana. Saat kamu tumbuh, kamu belajar lebih banyak. Jika kamu tetap di usia dua puluh dua, kamu akan selalu bodoh seperti kamu di usia dua puluh dua. Penuaan bukan hanya tentang merenta. Ia adalah berkembang. Lebih dari perkara negatif bahwa kamu akan mati, hal positifnya adalah kamu mengerti kamu akan mati, dan bahwa kamu hidup dengan lebih baik karenanya. ”

"Bagaimana aku bisa iri dengan kamu dan usiamu — ketika aku pernah ada di sana?"

  • Selasa kedelapan kami berbicara tentang uang
“Money is not a substitute for tenderness and power is not a substitute for tenderness. I can tell you, as I’m sitting here dying when you most need it, neither money nor power will give you the feeling you’re looking for, no matter how much of them you have.”

“There’s a big confusion in this country over what we want versus what we need,” Morrie said. “You need food, you want a chocolate sundae. You have to be honest with yourself. You don’t need the latest sports car, you don’t need the biggest house. The truth is, you don’t get satisfaction from those things. You know what really gives you satisfaction? Offering others what you have to.

“Uang bukan pengganti kelembutan dan kekuasaan bukan pengganti kelembutan. Aku bisa memberi tahumu, saat aku duduk di sini dalam kondisi sekarat, ketika kamu paling membutuhkannya, uang atau kekuasaan tidak akan memberimu perasaan yang kamu cari, tidak peduli berapa banyak (uang dan kekuasaan) yang kamu miliki. "

“Ada kebingungan besar di negara ini tentang apa yang kita inginkan versus apa yang kita butuhkan," kata Morrie. “Kamu butuh makanan, kamu ingin sundae cokelat. Kamu harus jujur pada dirimu sendiri. Kamu tidak membutuhkan mobil sport terbaru, tidak membutuhkan rumah terbesar. Kenyataannya, kamu tidak mendapatkan kepuasan dari hal-hal itu. Kamu tahu apa benar-benar memberimu kepuasan? Menawarkan kepada orang lain apa yang harus kamu berikan."

  • Selasa kesembilan kami berbicara tentang bagaimana cinta berjalan
“Someone asked me an interesting question yesterday,” Morrie said now,
“What was the question?” I asked.
“If I worried about being forgotten after I died?”
“Well? Do you?”
“I don’t think I will be. I’ve got so many people who have been involved with me in close, intimate ways. And love is how you stay alive, even after you are gone.”

"Seseorang mengajukan pertanyaan menarik kepadaku kemarin," kata Morrie kini.
 “Apa pertanyaannya?” Aku bertanya.
"Apakah aku khawatir akan dilupakan setelah aku mati?"
"Baik. Apakah kamu khawatir?"
"Kurasa aku tidak khawatir. Aku punya banyak orang yang sangat dekat, sangat akrab berhubungan denganku. Dan cinta adalah bagaimana kamu tetap hidup, bahkan setelah kamu menghilang."

  • Selasa kesepuluh kami berbicara tentang pernikahan
“there are a few rules I know to be true about love and marriage: If you don’t respect the other person, you’re gonna have a lot of trouble. If you don’t know how to compromise, you’re gonna have a lot of trouble. If you can’t talk openly about what goes on between you, you’re gonna have a lot of trouble. And if you don’t have a common set of values in life, you’re gonna have a lot of trouble. Your values must be alike.”

“Ada beberapa aturan yang aku tahu adalah benar tentang cinta dan pernikahan: jika kamu tidak menghormati pasanganmu, kamu akan mendapat banyak masalah. Jika kamu tidak tahu cara berkompromi, kamu akan mendapat banyak masalah. Jika kamu tidak dapat berbicara secara terbuka tentang apa yang terjadi di antara kalian, kamu akan mendapat banyak masalah. Dan jika kamu tidak memiliki seperangkat nilai yang sama dalam hidup, kamu akan mendapat banyak masalah. Nilai-nilai kalian harus serupa."

  • Selasa kesebelas kami berbicara tentang budaya kami.
“Here’s what I mean by building your own little subculture,” Morrie said. “I don’t mean you disregard every rule of your community. I don’t go around naked, for example. I don’t run through red lights. The little things, I can obey. But the big things—how we think, what we value—those you must choose yourself. You can’t let anyone—or any society determine those for you.”

"Inilah yang aku maksud dengan membangun subkultur kecilmmu sendiri," kata Morrie. "Tidak berarti kamu mengabaikan setiap aturan masyarakatmu. Aku tidak pergi berjalan dengan telanjang, misalnya. Aku tidak lmenerobos lampu merah. Hal-hal kecil, bisa aku patuhi. Tetapi hal-hal besar — ​​bagaimana kita berpikir, apa yang kita hargai — kamu harus memilihnya sendiri. Kamu tidak boleh membiarkan siapa pun — atau masyarakat mana pun menentukannya untukmu.”

  • Selasa kedua belas kami berbicara tentang pemaafan
“I always wished I had done more with my work; I wished I had written more books. I used to beat myself up over it. Now I see that never did any good. Make peace. You need to make peace with yourself and everyone around you.”
“Forgive yourself. Forgive others. Don’t wait, Mitch. Not everyone gets the time I’m getting. Not everyone is as lucky.”

“Aku selalu berharap aku melakukan lebih banyak terkait pekerjaanku; aku berharap aku telah menulis lebih banyak buku. Dulu aku sering menyalahkan diri sendiri. Sekarang aku melihat bahwa itu tidak pernah ada gunanya. Berdamailah. Kamu perlu berdamai dengan diri sendiri dan semua orang di sekelilingmu. "
"Maafkan dirimu. Maafkan orang lain. Jangan menunggu, Mitch. Tidak semua orang mendapatkan waktu yang aku dapatkan (hidup sampai tua dan menyadari tentang perlunya memaafkan).  Tidak semua orang seberuntung itu. ”

  • Selasa ketiga belas kami berbicara tentang hari yang sempurna
“What if you had one day perfectly healthy,” I asked, “What would you do?”
“Twenty-four hours?”  Let’s see … I’d get up in the morning, do my exercises, have a lovely breakfast of sweet rolls and tea, go for a swim, then have my friends come over for a nice lunch. I’d have them come one or two at a time so we could talk about their families, their issues, talk about how much we mean to each other. Then I’d like to go for a walk, in a garden with some trees, watch their colors, watch the birds, take in the nature that I haven’t seen in so long now. In the evening, we’d all go together to a restaurant with some great pasta, maybe some duck—I love duck and then we’d dance the rest of the night. I’d dance with all the wonderful dance partners out there until I was exhausted. And then I’d go home and have a deep, wonderful sleep.”
“That’s it?”
“That’s it.”
It was so simple. So average. I was actually a little disappointed. I figured he’d fly to Italy or have lunch with the President or romp on the seashore or try every exotic thing he could think of. After all these months, lying there, unable to move a leg or a foot—how could he find perfection in such an average day?
Then I realized this was the whole point.

“Bagaimana jika suatu hari kamu sehat secara sempurna,” aku bertanya, “Apa yang akan kamu lakukan?”
"Dua puluh empat jam? Mari kita lihat ... Aku akan bangun di pagi hari, berolahraga, sarapan yang menyenangkan dengan roti gulung manis dan teh, berenang, lalu meminta teman-temanku datang untuk makan siang yang menyenangkan. Aku meminta mereka datang satu atau dua orang saja sekali waktu sehingga kami bisa membicarakan keluarga mereka, masalah mereka, berbicara tentang betapa berartinya kami bagi satu sama  lain. Lalu aku ingin berjalan-jalan, di sebuah taman berhias beberapa pohon, melihat warna-warnanya, memperhatikan burung-burung, merasakan alam yang sudah begitu lama tidak aku lihat. Di malam hari, kita semua pergi bersama-sama ke restoran dengan pasta yang enak, mungkin juga bebek—aku suka bebek, lalu kita menari sepanjang malam. Aku akan menari dengan semua partner menari yang luar biasa di luar sana, sampai aku kelelahan. Dan lalu aku pulang dan tidur nyenyak.”
 “Itu saja?”
“Itu saja”
 Itu sangat sederhana. Sangat biasa. Aku sebenarnya sedikit kecewa. Aku pikir dia akan terbang ke Italia atau makan siang bersama presiden atau bermain-main di pantai atau mencoba setiap hal eksotis yang bisa dia pikirkan. Setelah sekian bulan, terbaring di sana, tidak bisa menggerakkan kaki atau kaki—bagaimana dia bisa menemukan kesempurnaan dalam hari yang biasa-biasa saja? Kemudian aku menyadari bahwa inilah inti dari semuanya.

  • Selasa keempat belas kami mengucapkan selama tinggal
“Touched me …” he whispered. He moved my hands to his heart. “Here.”
It felt as if I had a pit in my throat. Coach?
“Ahh?”
I don’t know how to say good-bye.
He patted my hand weakly, keeping it on his chest.
“This … is how we say … good-bye …”

"Sentuh aku…" bisiknya. Dia menggerakkan tanganku ke hatinya. “Di sini."
Rasanya seperti ada lubang di tenggorokanku. Coach?
"Ahh?"
Aku tidak tahu bagaimana mengucapkan selamat tinggal. Dia menepuk tanganku dengan lemah, menjaganya tetap di dadanya.
"Ini ... adalah bagaimana kita mengatakan ... selamat tinggal ..."
source: enotes.com
I ugly sobbed when I finished reading this book. I was so emotionally invested due to the raw emotions all over the pages. There is a part of me who is reluctant to be separated with Morrie: as if he’s my own teacher.

Dan bagian yang bikin saya kejer nangis? Air mata saya luruh begitu saja begitu membaca bagian ini:

“You’ll come to my grave? To tell me your problems?”
“My problems?”
“Yes.”
“And you’ll give me answers?”
“I’ll give you what I can. Don’t I always?”
I picture his grave, on the hill, overlooking the pond, some little nine-foot piece of earth where they will place him, cover him with dirt, put a stone on top. Maybe in a few weeks? Maybe in a few days? I see myself sitting there alone, arms across my knees, staring into space.
“It won’t be the same,” I say, “not being able to hear you talk.”
“Ah, talk …”
He closes his eyes and smiles.
“Tell you what. After I’m dead, you talk. And I’ll listen.”
----
(Buku ini mengingatkan saya kepada para guru dan mentor yang memiliki pengaruh besar dalam hidup saya. Keinginan untuk mengunjungi mereka meluap membanjiri pikiran saya.)

0 Comments:

Post a Comment

Videos

Jakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE