-->

Hello, this is me!

Nur Imroatun Sholihat

Your friend in learning IT audit Digital transformation advocate a-pat-on-your-shoulder storyteller

7 Feb 2022

TIPS UJIAN CGEIT

  • February 07, 2022
  • by Nur Imroatun Sholihat

source: westfloridaisaca.org

Halo semuanya. Saya berharap teman-teman semua sehat dan bahagia selalu ya. Dengan rendah hati saya sampaikan bahwa mulai bulan ini saya mendapatkan gelar CGEIT (Certified in the Governance of Enterprise IT). Saya berkomitmen untuk selalu menuliskan tips lulus setiap ujian sertifikasi yang saya ikuti sebagai ungkapan kesyukuran dan juga untuk membantu setiap kandidat ujian sertifikasi di luar sana. Jadi, inilah tips lulus ujian CGEIT versi saya :

 

(P.S.: beberapa di antaranya mirip dengan tips untuk lulus ujian CISA yang diposting sebelumnya karena saya yakin keduanya memerlukan persiapan yang serupa)

 

1. Kalibrasi Ulang Pola Pikir

 

Satu hal yang paling saya sadari dari materi CGEIT adalah sudut pandang dan cara berpikirnya sedikit berbeda dari yang saya miliki. Sementara sebagai praktisi terkadang saya harus berpikir praktis, ujian CGEIT mengharuskan kita untuk berpikir secara strategis dan ideal. Jadi sebelum memulai perjalanan belajar, saya mengkalibrasi ulang pola pikir. Saya juga mempersiapkan diri untuk berpikir berdasarkan peran yang diberikan misalnya komite audit, CIO, CEO, dll, serta memahami jargon/istilah yang digunakan oleh mereka.

 

2. Pelajari CGEIT Review Manual dan CGEIT Review Questions, Answers & Explanations Manual (QAE)

 

Seperti yang saya sebutkan dalam post tentang tips ujian CISA, review manual dan QAE adalah dua referensi sakral untuk semua orang yang ingin meraih sertifikasi ISACA. Luangkan waktu untuk membaca kedua buku ini dari sampul ke sampul terutama QAE karena memperkenalkan kita pada jenis pertanyaan yang akan kita hadapi. Pahami penjelasan dari jawaban-jawaban yang disarankan buku tersebut untuk mendapatkan logika, perspektif, dan kearifan yang ditetapkan ISACA. Saya juga mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan saya dan membuatnya menjadi catatan. Saya membacanya lagi saat waktu luang.

 

Oh ya, pastikan mempelajari versi terbaru dari buku-buku ini ya. Aaat ini, CGEIT Review Manual terbaru adalah edisi ke-8 dan QAE Review edisi ke-5.

 

Saya membuat catatan hal-hal yang belum saya ketahui

3. Peroleh Pengetahuan dan Pengalaman di Bidang Tata Kelola TI


Memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang tata kelola TI tentu sangat penting dalam menyelesaikan soal-soal ujian CGEIT. Untuk mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan, saran saya banyaklah membaca referensi terkait tata kelola TI, mendiskusikannya dengan orang lain, atau bergabung dengan komunitas (atau apa pun. Pilih cara favorit teman-teman untuk menyerap pengetahuan). Sementara itu, menjawab beberapa pertanyaan ujian CGEIT mengharuskan kandidat untuk tidak hanya dibekali dengan pengetahuan tetapi juga pengalaman sehingga paparan di kehidupan nyata pasti akan bermanfaat. Pengalaman membentuk logika, perspektif, dan kebijaksanaan yang akan memudahkan kita menemukan jawabannya.

 

Selain itu, menurut saya, penting untuk meningkatkan eksposur terhadap istilah TI dan bahasa Inggris (terutama ketika TI bukan jurusan dan bahasa Inggris bukan bahasa pertama kita).  Familiarity with IT terms and English is advantageous!

 

4. Paparan terhadap COBIT itu Membantu

 

Jika saya harus menyebutkan satu hal yang paling membantu saya mempelajari materi CGEIT adalah bahwa saya sebelumnya telah terpapar ke kerangka kerja COBIT 5 dan COBIT 201. Pemahaman terhadap kerangka kerja tersebut mempercepat proses pembelajaran saya karena CGEIT dan COBIT memiliki logika, prinsip, dan cara berpikir yang serupa. Keduanya sangat terkait jadi saya menyarankan semua orang yang ingin mengikuti ujian CGEIT untuk juga membaca kerangka kerja COBIT (terutama yang terbaru yaitu COBIT 2019).

 

 

5. Menghadiri Pelatihan CGEIT Review

 

Jika teman-teman ingin memiliki persiapan yang lebih matang, saya sarankan mengikuti pelatihan persiapan ujian (terutama yang diadakan oleh pusat pelatihan yang terafiliasi dengan ISACA). Namun, sekalipun tidak dapat mengikuti pelatihan, jangan khawatir. Dengan atau tanpa mengikuti pelatihan, teman-teman tetap dapat memiliki persiapan yang cukup kok.

 

 

6. Berlatih Melalui Mock Exams

 

Mengikuti mock exams sangat penting agar kita terbiasa duduk dan berpikir tanpa gangguan selama berjam-jam. Kerjakan pertanyaan sampai teman-teman mendapatkan setidaknya 80 (semakin tinggi semakin baik). Saya sendiri mencoba menyelesaikan setiap mock exam dalam 2 jam untuk melatih kemampuan berpikir cepat dan menyelesaikan ujian di bawah tekanan.

 

 

7. Perhatikan Kondisi Fisik dan Mental Kita

 

Menjaga kesehatan dan kebugaran untuk ujian sangat penting. Pastikan teman-teman tidur cukup agar keesokan paginya fit untuk mengerjakan 150 soal dalam 4 jam. Pastikan juga kita sarapan pagi, tiba di tempat ujian lebih awal, dan yang tak kalah pentingnya adalah mengelola kondisi emosi dan mental kita. Tenang. kita sudah cukup mempersiapkan diri dan siap menghadapi ujian ini.

 


 

8. Berdoa

 

Tips ini akan selalu saya ulangi di setiap post tips ujian karena memang sepenting itu. berdoalah agar kita diberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal. Berdoalah agar soal-soalnya berpihak dengan pengetahuan dan persiapan kita 😊

 

9.  Tips Lainnya

 

a. Baca silabus untuk memahami apa yang perlu dipahami dan porsinya masing-masing dibandingkan dengan keseluruhan materi ujian.

B. Menjadwalkan ujian adalah salah satu cara terbaik untuk mulai belajar. Ketika saya belum memesan tanggal ujian, rasanya masih ada waktu lama untuk mempersiapkannya. Namun, ketika sudah terjadwal, tiba-tiba saya merasa harus segera belajar :)

C. Pengetahuan yang kita peroleh dari pengalaman adalah sesuatu yang harus disikapi dengan bijak: terkadang membantu, terkadang tidak. Terdapat kemungkinan pengetahuan yang kita peroleh tidak sesuai dengan standar/kerangka kerja yang ditetapkan oleh ISACA. Oleh karena itu, kita harus mengidentifikasi keselarasan pengetahuan kita dengan body of knowledge ISACA.

 




10. Tips Selama Ujian

 

a. Jika teman-teman mengikuti ujian di pusat ujian, perhatikan suhu ruang ujian. Apabila terlalu dingin untuk didiami selama 4 jam, kenakan jaket. Selain itu, duduklah senyaman mungkin. Empat jam bukanlah waktu yang singkat. 😊

B. Kerjakan dengan tenang. Kita memiliki waktu yang relatif lama untuk melakukannya. Jika kita tenang, kita akan lebih teliti. Pada ujian di mana ada banyak pertanyaan dan jawaban yang rumit (dan akurasi menjadi kuncinya), mengelola ketenangan adalah suatu keharusan.

C. Hati-hati dengan jawaban "hampir benar". Secara umum, pertanyaan CGEIT memberi kita 2 alternatif jawaban yang keduanya tampak benar. Hehe. Pastikan memilih yang benar, bukan yang terlihat benar.

D. Fokus pada pertanyaan yang mudah terlebih dahulu. Kita bisa melewatkan pertanyaan yang sulit/panjang (jangan lupa untuk menandainya). Nantinya kita bisa kembali kepada soal-soal yang kita lewati.

e. Durasi ujian memungkinkan kami untuk meninjau ulang jawaban. Tinjau jawaban seolah-olah kita mengerjakannya lagi dari awal. Jangan bosan dulu meski stamina dan konsentrasi sudah menurun. Inilah saran pribadi saya: kecuali teman-teman begitu yakin dengan hasilnya, gunakan 4 jam sepenuhnya.

F. Jika teman-teman mengambil pilihan proctored exam (seperti yang dipilih teman saya), peserta ujian memiliki waktu istirahat ke toilet dua kali (masing-masing 10 menit). Istirahat ini juga diberikan jika teman-teman mengikuti tes di test center. Teman saya menyarankan untuk menggunakan waktu istirahat untuk mendapatkan kembali keseimbangan setelah mengerjakan soal. (bagi saya, saya mengambil istirahat di tengah waktu ujian.)

G. Jangan lupa untuk mengisi kuesioner post-test.

 

Itulah tips yang bisa saya bagikan kepada teman-teman yang ingin mengikuti ujian CGEIT. Semoga sukses teman-teman semuanya. Jika teman-teman memiliki pertanyaann, jangan ragu untuk menghubungi saya ya. Dengan senang hati saya membantu Anda. Semangat!

------

English version: My Tips to Pass CGEIT Exam

0 Comments:

Post a Comment

Videos

Jakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE