Letter to BIG BANG’s 7th Anniversary

By nurimroatun - August 19, 2013

“Even when we’re not seen, we’ll be heard in your ears. We’re called Big Bang. Even if everyone leaves you, we’ll stay with you. We’re called Big Bang” ( We’re Big Bang, Always Album Intro, 2007)
Hari ini tepat ulang tahun ke-7 grup musisi favorit saya, Big Bang. Tak terasa bertahun-tahun musik mereka telah menemani saya. Lagu-lagu mereka telah mengiringi hari-hari saya. Idealisme mereka telah memaku selera saya hanya pada mereka. Cerita hidup mereka telah menginspirasi langkah kaki saya.
Why I’m in love with them? Meskipun tumbuh di tengah kultur korea yang mendewakan fisik dan me-mainstream-kan operasi plastik, BigBang muncul mendobrak stereotype. Tentu tidak mudah. Di awal kemunculannya mereka bahkan dijuluki “too ugly to be an idol”, “ idol wannabe”, dan sederet julukan miring lainnya berkait dengan fisik. Tentu tidak mudah juga memperdengarkan musik hiphop di tengah negara yang telah bersatu dengan music pop. Tentu tidak mudah tampil dengan image “bad boy” (somehow I found bad boy/girl means cool person) rather than pretend to follow the market rules about “good boy”. Ketimbang tampil dengan fashion yang umum, mereka menciptakan sesuatu yang kini dikenal sebagai “Big Bang fashion”. Until now, fashion editors are crazy on these kings of fashion's high class and creative fashion choices. Basically, I don't into Korean music, but YG entertainment artists include Big Bang are simply different. Sometimes i ask myself, are they really Korean? Their musics are just world-class.
Idealisme dan melawan arus adalah hal pertama yang membuat bigbang menarik di mata saya. Mereka tidak disetir oleh keinginan pasar dan arus pop. Sang leader bahkan menolak jika musisi dijadikan produk industri. Bertahun-tahun mereka di-training untuk menjadikan mereka supertalented demi menyajikan kualitas di atas penampilan fisik. Not just singing, they compose and produce their songs. Sang Leader, GD, adalah musisi termuda yang meraih penghargaan Top 10 Korean Composers of All Time. Entah berapa banyak batas yang telah mereka terjang karena semangat menyampaikan musik berkualitas yang idealis.
Debut dengan lagu berjudul LaLaLa yang liriknya berbunyi “ same style, same clothes, I don’t even want to be compared with them. I’m going to start a different way now. The lipsync that spat out to be muted mic and elated eyes cant you move away for a moment”. Haha, this kind of idealism really adorable. Lirik ini adalah sindiran atas musik mainstream di Korea, uniformed group dan lipsync. Bagaimana menolak pesona anak muda bertalenta dan idealis yang bekerja keras untuk passion mereka?
Kualitas adalah hal kedua yang menarik hati saya. Penampilan live mereka bahkan lebih baik daripada versi studio. Selain kualitas vokal yang memesona, mereka selalu berhasil menyampaikan pesan lagu  ke hati pendengar. Kelima personel mempunyai kualitas vokal yang lebih pantas disebut penyanyi solo ketimbang member boygroup. Kelima anak muda ini bersatu dalam kombinasi genius yang menyenangkan. Karena kualitas vokal masing-masing, mereka juga berdiri sendiri-sendiri dalam album solo dan konser solo yang laris manis di pasaran. Tak kurang member BigBang meraih best male artist awards di ajang perhargaan musik dari album solo mereka. Bicara penghargaan, puluhan penghargaan di Korea serta puluhan penghargaan internasional telah mereka raih.
Kreativitas adalah kata ketiga yang membuat mereka sangat istimewa. Musik yang mereka ciptakan sendiri, lirik yang mereka tulis sendiri, fashion yang mereka kreasikan sendiri, konsep penampilan panggung yang selalu membuat penonton terpukau adalah segelintir dari kreativitas kelas wahid yang mereka miliki. Dengan kreativitas pula mereka menggabungkan beragam genre mulai dari jazz, pop, electro, RnB, ballad, pop, menjadi satu hingga setiap lagunya menjadi unik.
Kerja keras adalah kualitas keempat yang membuat mereka menarik. Rasanya semua fans Big Bang tau bagaimana kebiasaan kelima member menghabiskan waktunya di studio. Meskipun telah menguasai banyak hal, fans kerap dibuat terkejut akan progress yang Big Bang buat. Seberapa keras mereka berusaha hingga menguasai hal-hal ini? Mungkin album-album yang sangat berkualitas termasuk album internasional adalah salah satu jawaban usaha keras mereka.
Jika harus menceritakan kepribadian mereka, maka charismatic on the stage and cheerful off the stage adalah kelebihan mereka. Karisma setiap personel adalah kualitas kelima. Siapa hendak menyangkal BigBang sebagai K-pop’s Charisma? Tak kalah dari sang idola, fans Big Bang (VIP) juga dikenal sebagai cool and peaceful fandom. Truly charismatic!

Gold and Diamond boy, GD















“Because I’m different, because that’s just me, because I create trend, because I change everything.” (One Of A Kind-GD)

Rapper, musisi, composer, produser yang banjir pujian soal kegeniusan dan kemampuannya menciptakan lagu hits. Kecemerlangannya menciptakan lagu dalam beragam genre telah membuatnya berdiri di level yang berbeda dari artis manapun di Korea. His first solo album is the highest selling solo album in Korea all the time, sebelum akhirnya dikalahkan oleh album solo keduanya (LOL). Sederet penghargaan pribadi baik sebagai solois, composer, maupun fashionista telah dia raih. Tak berlebihan jika dia berkata tentang menciptakan tren, this man praises by designers (local and international) about his fashion choices. Gelar fashionista of the year tak lari ke mana. Leader inilah yang kepemimpinannya berhasil menyatukan 5 member Bigbang menjadi padu. GD dan fansclubnya terkenal sering mendonasikan pendapatannya untuk proyek sosial, such a kind personality. And he’s Korea's most hardworking idol!

Shines Bright, Taeyang!















“Eventhough I stray from you, don’t you ever stray from me.” (Only Look At Me, Taeyang)

Haha, notably as korea's best dancer, Taeyang tak cukup hanya dikenal karena itu. First Asian to hit no 2 US iTunes R&B sales and no 1 Canada ini dikenal sebagai Asian R&B King. Kemampuan menulis lagunya telah dia buktikan di album-album solonya. Fasih bermain piano, album solonya tak lepas dari denting piano yang elegan. Seperti GD, Taeyang juga telah 2 kali mengadakan konser solo. Yeah, he’s true, people will only look at him.

Angelic Voice, Daesung















Baru saja menyelesaikan 25 tour solo keliling Jepang, Daesung adalah pemilik suara ballad di Big Bang. Dikenal juga sebagai variety show host yang lucu dan menyenangkan, kepribadian pemilik angelic smile ini benar-benar membuat siapapun jatuh hati. Member yang fasih bahasa Jepang ini selalu berhasil membuat hati teriris-iris karena vokal sensitifnya juga tertawa terbahak-bahak karena lagu cheerful-nya. 

Intimidating Rapper, T.O.P















“All they wanna be star that resemble me then try to chase and chase after me but I’m a movie star” (Knock Out-GDTOP)

Dengan suara super sexy, beatbox skill, kemampuan menulis lagu, karier model dan aktor yang bersinar, hasil survey yang kerap menasbihkannya sebagai best face, tak salah jika pemilik low-bariton vokal ini benar-benar TOP. Memiliki 8-D personality di mana dia bisa tampil sangat karismatik maupun sangat playful membuatnya makin TOP. Belum lagi, duo rap-nya bersama GD adalah hottest duo in Korea. Their GDTOP album is just splendid!

Siapa tak terintimidasi? Dengan semua kelebihan yang dimiliki baik di bidang musik maupun akting, TOP adalah pilihan utama produser film, sutradara drama, fotografer, maupun editor majalah.

 “Hiperactive” Seungri















Entah apa yang tidak ingin dikuasai oleh member termuda Big Bang ini. Setelah vokal pop-nya menggiring pasar menyukai album solonya, the latest, he becomes main MC for a popular variety show in Japan. Dancer terbaik kedua di Big Bang setelah Taeyang ini adalah koreografer sebagian besar lagu-lagu Big Bang. Bekerja sangat keras untuk menguasai beragam hal mulai dari bahasa sampai composing makes his bright personality even brighter.

Hari ini juga, Seungri mengeluarkan single pertama dari album solo keduanya. Woh, the roof is on fire. He rocks iTunes chart everywhere around the world! 

Tentu saja sebagai idol mereka tidak sempurna. VIP (sebutan fans BigBang) telah menyaksikan jatuh bangun mereka dalam berkarier. Masalah-masalah juga mengguncang kehidupan mereka. Tetapi sekuat mereka mendobrak mainstream di awal kemunculannya, mereka begitu kuat menghadapi setiap masalah. Tahun lalu mereka kembali dengan Album Alive yang disusul dengan World tour. Yeah, bahkan ketika berhadapan dengan masalah yang begitu pelik mereka berkata, I’m still alive, I’ll jump higher  :)

Selamat bertambah mengagumkan Big Bang. In this beautiful day, I just wanna say: Thank God, I’m a VIP  :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments