HELLO RIAU (PART 2): THE FAVOURITE ONES

By nurimroatun - April 03, 2017

Istana Siak
FITION 2017 was such a memorable experience for me. I met so many people/things that brightened my days up. So, I’m coming back to share about my favourite people, innovations, and moments during my participation at that event :)

1. Favourite People
It’s hard to choose the person whom I have the deepest impression about but I can pick some :D
with my roommates: Lina-Sartika (and Umul who took this photo)
I encountered one of my roommates, Sartika from Unimed, when I arrived at the guest house. She was an energetic and hilarious girl. Malam ketika saya tiba di wisma, saya masih merasa sedih karena kebodohan saya tertinggal pesawat ke Jakarta. Tetapi keceriaannya menghibur saya untuk segera melupakan yang telah berlalu dan fokus menatap ke depan. Sama seperti saya, dia bernasib malang dengan kehilangan slide powerpoint presentasinya. Malam itu juga kami begadang bersama menyelesaikan slide. It was nice to have somebody whom I shared the same hardship with yet she was positive-minded. The other roommate of mine, Lina adalah penonton tetap latihan presentasi saya. Hihi. Terima kasih banyak sudah menemani saya latihan :)
Taken while being in a hurry to go back to the guest house.
Mukhlis, I wish we had a better photo but unfortunately we barely took a photo together.
Another good friend was Mukhlis Ibrahim from University of Riau. Dia adalah orang yang paling sering ngejahilin saya selama field trip ke Siak (yang merupakan agenda hari ketiga). Masih sangat muda dan penuh dengan semangat adalah dua hal yang saya lihat dari dirinya (selain keusilannya. Haha). Dia membagi mimpi dan ceritanya kepada saya. Bahkan sampai sekarang kami masih sering membicarakan kegiatan masing-masing. Anyway, semalam dia mengabari kalau dia terpilih menjadi Mawapres tingkat Fakultas. So proud of you, bro. Selain Mukhlis, teman dekat saya dari Universitas Riau adalah Nurul. She was a happy virus :)
Nurul, presentasi kamu kece!
Ketika saya membaca nametag yang terpasang di jaket almamaternya, saya tahu bahwa dia adalah pemilik salah satu inovasi pilihan juri. Saya sesungguhnya merasa segan untuk mengobrol dengan pemilik nama Syawal tersebut. Tetapi itu tidak menghalangi kami untuk berkawan dekat dan bercanda tentang banyak hal. Di balik pemikirannya yang serius, dia adalah seseorang yang sangat lucu. Well, I could be easily connected with a comical person. I need to be surrounded by humorous people to stay sane :)

2. Favourite Innovations
Another hard choice but I could pick some too. :)

Tampil pertama dan memiliki nilai paper tertinggi membuatnya dengan mudah mengarahkan semua mata untuk tertuju pada presentasinya. Kampung Mangrove Education yang dicanang olehnya ternyata memang pantas untuk mendapat nilai tertinggi. Dia menggagas agenda penyelamatan mangrove sekaligus peningkatan ekonomi bagi warga sekitar. Dua hal yang saya suka disajikan berbarengan dengan apik: ekonomi dan lingkungan. He deserved the victory. Dia juga merupakan salah satu teman baik saya di ajang ini. Dedicate yourself to the environment, Ilham Syahputra.
hello Bapak Rektor *that was how I called Syawal Hendra
Inovasi yang kedua ini menjadi favorit saya karena kesederhanaan dan kemanfaatan nyata yang bergabung menjadi satu. As Leonardo Da Vinci said: simplicity is the ultimate sophistication. Syawal Hendra Pasaribu membuat payung untuk tadah getah karet agar saat hujan hasil sadapan tersebut tidak tumpah terkena air hujan kemudian hilang. Payung lateks tersebut dibuat dari plastik mika (kalau saya nggak salah lihat) dan kawat. Sederhana, murah, dan bermanfaat langsung bagi kesejahteraan petani karet.

Inovasi selanjutnya masih dari kampus yang sama. (just realized all of my favourite innovations came from University of North Sumatera). Ahmad Fadhlan menggagas gula pasir dan gula semut dari limbah kelapa sawit. Presentasinya menarik sekali. Dia memutar video saat berada di antara limbah pohon kelapa sawit dan meminum air yang mengalir dari batangnya (rasanya kaya lagi nonton My Trip My Adventure). Lalu dia menyajikan gula olahannya ke meja juri. Haha. Mental saya langsung jatuh karena saya tampil tepat setelahnya. Hihi. Saya banyak belajar dari cara menariknya mempresentasikan gagasan.

3. Favourite Moments
Momen favorit saya yang pertama adalah ketika saya bertukar pikiran dengan anak-anak debat. Mereka mengomentari esai saya, saya mengomentari mosi debat mereka. Kami sama-sama mendapat perspektif baru ketika saling bertukar masukan.
di dalam istana Siak
Momen favorit saya selanjutnya adalah saat kami berkunjung ke Siak. Menyenangkan sekali berjalan-jalan melepas penat usai berkompetisi. Kabupaten berjuluk kota istana itu cantik dan rapi banget. Kami berkunjung ke Istana Siak, Pasar Seni, dan Klenteng.
Memori saya lainnya adalah saat delegasi setiap kampus diajak berfoto bersama pejabat-pejabat yang hadir saat ramah tamah di kantor Gubernur Riau. Saya maju sendirian dan MC meledek saya “Are you alone?”. Haha. “Yes, I am.” I replied.
Acara tukar kado juga menyenangkan untuk diingat. Soalnya saya mendapat salah satu barang yang saya koleksi: topi. This time I got a cute mint-green bucket hat. Tadinya saya dapat block note tapi tiba-tiba Dicky meminta saya bertukar kado lagi karena dia nggak bisa memakai topi itu. Buat yang ngasih kado ini dan Dicky, terima kasih topinya.

Satu momen yang paling berharga adalah persahabatan di atas rivalitas. Saat lomba, ada banyak momen ketika mental dijatuhkan. Ada momen di mana ambisi seolah mendidih. Tapi yang paling menyenangkan dari itu semua adalah momen di mana kita menyadari bahwa kompetisi tidak membatasi kita untuk berkawan. Ketika lomba berlangsung, saya seolah mengabaikan bahwa kami tengah bersaing. Saya lebih sibuk membangun pertemanan dengan orang-orang yang gelombang passionnya sama dengan saya itu. Kami sibuk menyemangati satu sama lain agar menampilkan yang terbaik. Bahkan kami saling menyimak presentasi masing-masing saat latihan. In my opinion, that was the highlight of FITION 2017. Glad to meet the great people there. See you guys again someday. Let’s be successful together :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments